Pengunjung ke:

Selasa, 24 Maret 2009

Constructivism


adalah gerakan kesenian dan arsitektur di Rusia dari 1919 dan seterusnya yang membubarkan seni murni, digantikan dengan kesenian yang memiliki tujuan mendukung kehidupan sosial, terutama pembentukan sistem sosialisme. Merupakan kesenian resmi pemerintahan Bolshevik. Aktif hingga berakhir sekitar tahun 1934, memiliki dampak yang besar dalam perkembangan seni di Republik Weimar dan lain-lain, sebelum digantikan oleh realism sosialis. Di luar Rusia, aliran constructivisme berkembang di Jerman, tapi aliran ini juga tersebar di pusat-pusat kesenian seperti Paris, London, dan akhirnya amerika. Yang menyebarkan aliran ini keluar dari Rusia adalah tokoh-tokohnya. Naum Gabo, Antoine Pevsner, dan El Lissitzky membawa aliran ini ke amerika. Laszlo Moholy-Nagy datang ke Jerman dari Hungaria.

Senimannya rata-rata terdiri dari anak muda berkebangsaan Rusia yang mencoba untuk menyatukan keseluruhan ide dari seni modern menurut cara mereka sendiri. Mereka menggambarkan seni yang kebanyakan 3 dimensional. Dan mereka juga sering menggambarkan seni yang dapat dihubungkan kepercayaan Proletar mereka. Teori Konstruktivisme diperoleh dari Suprematisme Rusia, De Stijl Belanda dan Bauhaus Jerman. Jerman merupakan tempat kegiatan Konstruktivisme terbanyak di luar Uni soviet setelah Bauhaus Walter Grophius, sebuah seni progresif dan sekolah desain yang simpatik terhadap pergerakan tersebut, sama seperti pusat2 seni lainnya dan akhirnya Amerika serikat.

Teori Konstruktivisme

didefinisikan sebagai pembelajaran yang bersifat generatif, yaitu tindakan mencipta sesuatu makna dari apa yang dipelajari. Konstruktivisme sebenarnya bukan merupakan gagasan yang baru, apa yang dilalui dalam kehidupan kita selama ini merupakan himpunan dan pembinaan pengalaman demi pengalaman. Ini menyebabkan seseorang mempunyai pengetahuan dan menjadi lebih dinamis. Pendekatan konstruktivisme mempunyai beberapa konsep umum seperti:

1. Pelajar aktif membina pengetahuan berasaskan pengalaman yang sudah ada.

2. Dalam konteks pembelajaran, pelajar seharusnya membina sendiri pengetahuan mereka.

3. Pentingnya membina pengetahuan secara aktif oleh pelajar sendiri melalui proses saling mempengaruhi antara pembelajaran terdahulu dengan pembelajaran terbaru.

4. Unsur terpenting dalam teori ini ialah seseorang membina pengetahuan dirinya secara aktif dengan cara membandingkan informasi baru dengan pemahamannya yang sudah ada.

5. Ketidakseimbangan merupakan faktor motivasi pembelajaran yang utama. Faktor ini berlaku apabila seorang pelajar menyadari gagasan-gagasannya tidak konsisten atau sesuai dengan pengetahuan ilmiah.

6. Bahan pengajaran yang disediakan perlu mempunyai perkaitan dengan pengalaman pelajar untuk menarik minat pelajar.


source : http://myschoolnet.ppk.kpm.my/pNp/pm/konstruktivisme.htm
http://id.wikipedia.org/wiki/Konstruktivisme

Tidak ada komentar:

Posting Komentar